Korea Berhasil Membuat Robot Mecha Mirip di Film Avatar

 

Intro

Pernahkah kalian menonton Film Avatar ? oke saya ingatkan lagi, film yang di buat oleh James Cameron yang sempat mejadi box office di seluruh dunia tersebut banyak mengambil seting latar di dunia antar galaksi di planet alien yang sedang dijajah oleh para manusia yang datang dari bumi untuk mengambil sumber daya para alien yang tinggal di planet tersebut. 

Image : omatikaya

Diceritakan pada saat manusia menginvasi para mahluk penghuni asli planet tersebut para pasukan tentara menggunakan peralatan dan teknologi yang sudah maju, seperti pesawat-pesawat tempur, senjata, serta robot-robot besar sangat canggih yang dikendalikan dari seorang pilotnya langsung dari dalam badannya.

Mecha

Image : tienly.com

Mecha adalah sebuah genre, salah satu sub genre dari Science Fiction (Sci-fi). 
Mecha itu dari bahasa Jepang yang kalo diucapin orang Jepang jadinya lebih terdengar Meka, yaitu singkatan dari Mechanical (Inggris). 

Di Jepang dulu Mecha adalah sesuatu objek mekanik (mobil, senjata, pesawat, atau objek lain yang memiliki mesin), namun sekarang sudah jauh bergeser. 

Sekarang Mecha lebih dihubungkan dengan robot tempur atau robot humanoid (robot yang berbentuk seperti manusia) kaya Gundam, atau manusia dengan armor kayak Iron Man, Infinite Stratos, Buso Shinki dll.

Korea's Mecha

Image : Hankook Mirae/Vitaly Bulgarov

Dan ternyata Robot Mecha bukan Cuma di anime dan film, di dunia nyata juga ada robot mecha yang bisa dikendalikan dan terkontrol langsung dari dalam oleh seorang pilot seperti layaknya sedang menerbangkan sebuah pesawat.

Baru-baru ini Sebuah perusahaan Korea Selatan, Hankook Mirae Teknologi telah megembangkan sebuah robot mecha setinggi 13 kaki dengan berat keseluruhan mesin 1,3 ton, nantinya mesin ini diciptakan untuk bekerja dalam kondisi medan yang ekstrim dimana manusia tidak bisa pergi tanpa menggunakan pelindung. 

ini saat ditest berjalan untuk pertama kalinya

Sang perancangnya Vitaly Bulgarov seorang veteran Hollywood SFX telah mengunggah vidio di laman facebook yang memperlihatkan dia tengah menaiki dan mengendalikan robot tersebut untuk pertama kalinya didalam laboratorium dengan menggerakkan tangan dan melangkahkan kaki maju dan mundur secara baik.

ini saat Bulgarov mencoba menggerakan tangan robot

Meskipun sudah melalui test dengan baik robot ini tidak sera merta dapat digunakan untuk mengevakuasi di area bencana atau ekstrem dalam waktu dekat, karna masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut dan masih terkendala oleh sumber daya yang masih belum portabel.

Bulgarov mengatakan tujuan jangka pendek perusahaan ini adalah untuk mengembangkan platform robot yang ditambatkan dengan aplikasi industri dimana memiliki robot yang ditambatkan tidaklah masalah.

Aplikasi dunia nyata jangka pendek lainnya lagi adalah meliputi pemasangan bagian atas robot pada platform beroda besar memecahkan masalah gerak melalui medan tidak rata serta memberikan ruang yang cukup untuk sumber daya yang cukup. Sebuah versi modifikasi dari yang sudah dalam pengembangan dan direncanakan untuk membantu dalam pemulihan daerah bencana Fukushima.

Wow kita tunggu saja ya gimana perkembangan selanjutnya.


Source :
Vitaly Bulgarov




EmoticonEmoticon